Langsung ke konten utama

Pandemi dan Erupsi, Masyarakat Cimbang Beralih ke Budi Daya Cacing Tanah

Pandemi dan Erupsi, Masyarakat Cimbang Beralih ke Budi Daya Cacing Tanah
Pandemi Covid-19 saat ini sangat berdampak pada perekonomian masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan. Bahkan, banyak masyarakat yang tidak lagi bekerja. Seperti dirasakan masyarakat di Desa Cimbang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara yang mayoritas masyarakatnya sebagai petani. Tidak hanya karena Covid-19, beberapa waktu lalu Gunung Sinabung yang erupsi membuat ladang mereka yang berada di bawah kaki Gunung Sinabung tertutup abu vulkanik sehingga banyak tanaman masyarakat rusak dan banyak masyarakat yang tidak bekerja. 



Untuk membuat masyarakat di Desa Cimbang tetap bekerja dan berpenghasilan, seorang pengusaha Kopi Cimbang Sinabung yang juga Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Karo saya Imam Syukri Syah Tarigan mengajak masyarakat untuk membudidayakan cacing tanah jenis lumbricus rubellus. "Saat ini, persaingan dunia usaha dan dunia kerja semakin ketat. Sehingga dibutuhkan individu-individu yang mandiri, kreatif, inovatif dan berani untuk memulai membuka lapangan kerja baru yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di pedesaan. 

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini," kata Imam, Ahad, 11 Oktober 2020. "Ini saya lakukan karena semua warga di Desa Cimbang tidak bisa melakukan aktivitas akibat Covid-19 dan disusul erupsi Sinabung. Ketika erupsi dan dirumahkan akibat Covid-19 kami tidak ada aktivitas dan bahkan kami tidak ada penghasilan untuk makan setiap harinya. Makanya saya mengambil kesimpulan untuk budi daya cacing agar supaya setiap warga Desa Cimbang ada kesibukan dan aktivitas di rumah supaya tidak stres," saya menerapkan tentang budi daya cacing tanah ini mulai dilakukannya sejak Agustus 2020 lalu. 

Dengan lahan yang tidak terlalu luas dan modalnya juga yang tidak terlalu banyak, saya mulai mengembangbiakkan cacing tersebut. "Saat ini prospek usaha pengembangbiakan cacing tanah sudah mulai digandrungi dan bisa menjadi usaha alternatif membuka lapangan kerja baru,"  jenis cacing ini mempunyai siklus pertumbuhan yang lebih cepat dibanding jenis cacing lainnya. Jenis cacing ini tergolong mudah pemeliharaan dan perawatannya, karena bisa dikembangkan di media tanah yang dicampur dengan limbah organik atau kotoran sapi/lembu. 

Selain itu, jenis cacing ini juga banyak manfaatnya. "Cost di cacing tidak terlalu besar dan sangat mudah untuk diterapkan pada para petani dan manfaat cacing ini untuk obat-obatan, pakan ternak, dan juga bahan dasar kosmetik,"  bahwa saat ini, kami telah memasarkan cacing tanah yang kami budi dayakan udah sampai keluar daerah Sumatera Utara. "Pada Sabtu, 10 Oktober 2020 kemarin kita sudah mengirim 500 kg ke Bandung dan Pati.Jawa Tengah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMAH BUDIDAYA CACING CIMBANG

                                            RUMAH BUDIDAYA CACING CIMBANG Rumah budidaya cacing lumbricus rubellus di Desa Cimbang saat ini mulai produksi, Minggu (11/10/2020).   Budidaya cacing tanah jenis lumbricus rubellus di Kabupaten Karo mulai berproduksi untuk pertama kalinya, salah satu bisnis menggiurkan. Saat pertama kali berproduksi, langsung diresmikan oleh seorang pengusaha kopi Cimbang Sinabung yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Karo Imam Syukri Syah Tarigan bertempat di Rumah Budidaya Cacing Tanah, Desa Cimbang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Minggu (11/10/2020). Peresmian produksi cacing tanah itu juga turut dihadiri oleh PT. Pos Indonesia Kanca Kabanjahe, aktivis pemerhati lingkungan seperti DPD Walantara Kabupaten Karo, LSM Pemuda NKRI Kabupaten Karo dan beberapa insan pers. Di sela - sela peresmian tersebut, kepada wartawan, Imam Syukri Syah Tarigan menjelaskan, bahwasl saat ini persaingan d

Cara pesan kopi cimbang sinabung

biiji kopi cimbang sinabung http//kemasan bubuk kopi cimbang Kami menyediakan produk - produk yang berkualitas baik di mulai dari proses awal sampai hilrnya... http://bit.ly/2PmKzBK https://api.whatsapp.com/send?phone=6285261199133&text=Salam%20Kenal%0ANama%20Saya:%0AImam %0Akopi%0Acimbang%0AUsaha:%0AEmail:%0Akopicimbangsinabung45499@gmail.com%0ADapat%20Informasi%20lebih%0Alanjut:%0Abisa%20hubungi%0AKami%0Alangsung%0Aorder,%20KOPI%0ACimbang   https://api.whatsapp.com/send?phone=6285261199133&text=Salam%20Kenal%0ANama%20Saya:%0AImam %0Akopi%0Acimbang%0AUsaha:%0AEmail:%0Akopicimbangsinabung45499@gmail.com%0ADapat%20Informasi%20lebih%0Alanjut:%0Abisa%20hubungi%0AKami%0Alangsung%0Aorder,%20KOPI%0ACimbang

Tempat Nongkrong Kopi Cimbang Sinabung

Liburan ke gunung tentu menjadi impian sebagian orang. Pemandangan gunung yang indah, suhu udara yang sejuk dan bersih, serta disajikan hamparan perkebunan kopi yang luas. Saat anda liburan ke kawasan lereng gunung sinabung, terasaa tak lengkap jika anda tidak singgah ke tempat nongkrong, kami sajikan satu warung kopi yang tak boleh dilewatkan . kopi cimbang sinabung namanya, terletak di lereng Gunung sinabung, di radius 8 Km terletak di Desa Cimbang, Kec: Payung, Kabupaten karo sumatera utara. Warung kopi kami merupakan satu-satunya bangunan yang berada di area KARO dan dibangun dari sisa-sisa bangunan pasca erupsi Gunung Merapi. Tak banyak ornamen rumit, hanya ada beberapa tiang kayu sebagai penyangga. Namun perjalanan menuju Ke desa Cimbang memang membutuhkan waktu hingga setengah jam dari kota sejuk Berastagi. Meski demikian, sebelum anda sampai di desa Cimbang anda akan melihat hamparan tanaman kopi serta sayur mayur yang di tanam oleh petani di pinggiran jalan dan kami